Mengenal Lebih Dekat Andrea Hirata

Laskar Pelangi
Siapa yang tidak kenal dengan Nama Andrea Hirata, sang penulis Tetralogi Novel fenomenal  Laskar Pelangi.
Saya sendiri adalah penikmat karya-karya anak belitong ini. Saya tidak mau ketinggalan mencari buku-buku Andrea, karya yang sangat luar biasa. Novelis Indonesia baru Andrea yang buku-bukunya menjadi International Best Seller. Super banget deh. Yuk kita mengenal lebih dekat sosok  Andrea.

Pria yang memiliki nama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun, lahir di Belitong, Bangka, atau sekarang dikenal Provinsi Bangka Belitung (Babel). Merantau ke Jawa setelah menyelesaikan SMA Negeri di Belitong, Andrea Hirata pernah bekerja sebagai pegawai pos di Bogor. Dalam novelnya Edensor dia sangat terkesan ketika berhasil mengatasi kiriman uang wesel pos anak-anak mahasiswa IPB Bogor yang bermasalah.

Andrea kemudian mengambil mata kuliah ekonomi di salah satu universitas di Indonesia. Meskipun studi mayornya ekonomi, ia amat menggemari sains-fisika, kimia, biologi, astronomi-dan tentu saja sastra. Andrea Hirata berpendidikan ekonomi. Ia mendapat beasiswa Uni Eropa untuk studi master of science di Université de Paris, Sorbonne, Prancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom.

Itulah Andrea Hirata. Jadi, tak perlu mempersoalkan latar belakang pendidikan untuk menjadi seorang penulis. Andrea Hirata telah membuktikan bahwa siapa saja bisa menjadi penulis terkenal. Dengan pengetahuan sains, kepekaannya terhadap lingkungan sekitarnya, kemampuannya mengkomunikasikannya kepada khalayak melalui tulisan mampu menyajikan karya yang luar biasa.
Novel Laskar Pelangi Menembus 21 Negara dan Penerbit Para Pemenang Nobel Sastra di Amerika Serikat (Rilis terbaru, 25 Juni 2012)



Dimulai oleh penerbit Butik Yayinlari, Turki, Tanggal 1 Februari 2013, penerbit-penerbit negara lainnya menyatakan Laskar Pelangi (The Rainbow Troops) karya penulis Indonesia Andrea Hirata sebagai karya sastra International best seller. Laskar Pelangi adalah buku pertama Indonesia yang mencapai status International best seller (The Observer-blog)

Berbagai penerbit-penerbit luar negeri segera mendistribusikan Tetralogi Laskar Pelangi dalam bahasa masing-masing adalah Yillin Press (China), Nha Nam Publishing (Vietnam), Solo Press (Taiwan), Da Vinci Publishing (Korea), segera disusul kerja sama dengan Uni Agency, sebuah literary agent terkemuka di Jepang, dan penerbit-penerbit di Amerika, Australia, Jerman, Prancis, serta beberapa negara Asia dan Eropa lainnya. Novel The Rainbow Troops (edisi internasional Laskar Pelangi) sendiri mendapat sambutan hangat di berbagai festival di luar negeri (Fukuoka, Vancouver, Singapura, dan Wordstorm-Australia).


Andrea Hirata berhasil menorehkan sejarah, merintis penulis Indonesia direpresentasikan oleh agen buku komersial internasional sehingga karyanya dapat tersedia di luar Indonesia dan berkompetisi dalam industri buku global. Agreement itu sekaligus menempatkan Andrea Hirata di dalam peta novelis dunia.

Andrea Hirata telah menerbitkan delapan karya yaitu Laskar Pelangi (2005), Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007), Maryamah Karpov (2008), Padang Bulan (2009), Cinta di Dalam Gelas (2009), Sebelas Patriot (2010), dan Laskar Pelangi Song Book (2012). Laskar Pelangi Song Book berisi kisah-kisah dari Negeri Laskar Pelangi (Belitong) dan lagu-lagu karya Andrea Hirata yang dibawakan oleh Meda dan Cut Niken.
Biodata:
Nama  Lengkap       : Andrea Hirata Seman Said Harun
Tempat Tgl Lahir     : Belitung 24 Oktober 1982
Ayah                          :Seman Said Harunayah
Ibu                             : NA Masturah
International website :www.andrea-hirata.com







Berikut Beberapa Cover Buku Laskar Pelangi yang di terbitkan di beberapa negara di dunia:
The Rainbow Troops edisi German diterbitkan oleh Hanser-Berlin
The Rainbow Troops edisi Brazil diterbitkan oleh Editora Sextante 
he Rainbow Troops edisi Turki diterbitkan oleh Butik Yayincilik
The Rainbow Troops edisi China diterbitkan oleh Yilin Press
The Rainbow Troops edisi Vietnam diterbitkan oleh Nha Nam 
The Rainbow Troops edisi Korea
The Rainbow Troops edisi Raiwan
The Rainbow Troops edisi Malaysia

The Rainbow Troops edisi Amerika, diterbitkan oleh Farrar, Straus and Giroux, New York
The Rainbow Troops edisi Kanada diterbitkan oleh Harper Collins (cover sama dengan yang di terbitkan di Newyork)
The Rainbow Troops edisi Spanyol diterbitkan oleh Edicione Planeta, Madrid
The Rainbow Troops edisi Holland diterbitkan oleh Atlas-Contact


___Sekian____

LihatTutupKomentar