Baitul Arqam UMB

            Bengkulu, Badan Pengkajian dan Pengamalan islam(BP2i) Universitas Muhammadiyah Bengkulu menyelenggarakan Baitul Arqam bagi dosen dan karyawan UMB. kegiatan ini berlangsung selama tiga hari 06-08 februari 2016 bertempat di gedung  Pusat Pendidikan dan Latihan UMB komplek Ponpes Al-Mubaarak Kota Bengkulu.
Sebagian Peserta Baitul Arqam UMB

Acara yang mengusung tema " Pemantapan Ideologi Muhammadiyah dalam rangka Membangun Budaya Etos Kerja Islami Menuju Islam Berkemajuan" ini bertujuan untuk mengkader dosen dan karyawan di Lingkungan UMB untuk internalisasi nilai-nilai Al-Islam dan Ke-Muhammadiyah-an.

Drs. taufik Bustami, MM selaku ketua panitia pelaksana kegiatan melaporkan kegiatan ini di ikuti oleh 58 orang peserta terdiri dari dosen dan karyawan UMB yang belum mengikuti baitul Arqam sebelumnya. Sedangkan Wakil rektor II UMB Drs. H. Sakroni, M.Pd menegaskan bahwa Dosen dan Karyawan UMB harus memiliki dan mengaplikasikan ideologi muhammadiyah sejalan dengan tujuan Muhammadiyah didirikan yaitu untuk mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya. Lebih dari itu UMb sebagai Universitas swasta yang sudah terakreditasi di BAN -PT harus mampu bersaing dan mengamalkan tri darma perguruan tinggi. 

 Materi yang diusungpun sangat bagus untuk penguatan ideologi Muhammadiyah peserta antara lain Materi visi misi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, MKCHM dan Islam Berkemajuan, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (Organisasi dan Keluarga), Bermuhammadiyah dan Sholah ditinjau dari aspek kesehatan, Islam Kontemporer, Idiologi Muhammadiyah (Urgensi Bermuhammadiyah dan Implikasi Tauhid dan Ibadah).
Antusias peserta BA

Pemateri pada acara tersebut antara lain dua orang dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, LC,  M.A, Dr. Agus Sukaca, M.Si, dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah provinsi Bengkulu Antara lain Dr. Syaifullah, M.Si , Drs. Taufik Bustami, MM, Drs. H. Yohalin. M.Ag.

Seperti yang dituturkan oleh salah seorang peserta, Nurhayati dari FIKES. Kegiatan BA ini selain menambah wawasan keilmuan, semangat ibadah dan organisasi juga sangat mengasyikan karena berperan serta Tim Motivator (Hardiansyah S.Pd, Poppy Anggraini, Rio Saputra S.Pd, Meri Sri Hartati, M.Pd dkk) yang mengisi Outbond pada setiap sesi sebelum atau sesudah materi dan pada pagi hari selama kegiatan tersebut berlangsung.


Kegiatan Outbond
Kegiatan Outbond
Kegiatan Outbond

Panitia BA mengabadikan gambar dengan Ketua panitia Drs Taufik Bustami, MM

Kegiatan Baitul Arqam ini tidak hanya sebatas pada saat pelaksanaan kegiatan tetapi akan dilaksanakan follow up atau rencana tindak lanjut dari kegiatan tersebut. Peserta diwajibkan untuk mengamalkan The Nine Golden habit dari buku karya Bapak Agus Sukaca PP Muhammadiyah.
LihatTutupKomentar