Ngobrol Asik Menuju Indonesia Maju

Bersama Kemkominfo dan Blogger Bengkulu
Susana Flash Blogging di hotel Amaris Bengkulu
Sudut Istana
 “Ada tamu yang tak diundang?” Bapak Andoko bertanya saat awal membuka materinya.  Semua peserta mulai celingukan, karena merasa semuanya diundang.  Ternyata hanya candaan beliau ketika memulai materi. Andoko Darta  adalah narasumber pertama dari Tim Komunikasi Presiden, dalam guyonan nama beliau sering disingkat TKP.

Acara Flash Blogging ini di selenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Dinas Kominfo dan Statistik provinsi Bengkulu Ditjen Informasi & Komunikasi Publik. Acara yang digelar di Amaris Hotel ini diikuti lebih kurang 75 orang blogger dari kota Bengkulu dan sekitarnya, Jum'at 27 April 2018.

“Tidak ada manusia yang mati karena digigit ular, tapi karena bisanya manusia bisa mati” lanjut Andoko. ”Berita itu dibuat oleh orang yang pintar dan disebarkan oleh orang baik yang kurang pintar. Kita terserah mau pilih yang mana.” Lanjut Andoko
“Para blogger harus pro aktif mengedukasi masyarakat dalam memerangi hoax. Karena kita punya peran penting dalam menyebarkan informasi positif dan memberikan pendidikan melalui media sosial untuk masyarakat awam”Lanjutnya
Pemaparan Materi Andoko Darta, Tim Komunikasi Presiden
Selain itu Andoko menceritakan secara singkat program kerja Presiden Jokowi selama 5 tahun terakhir. Tahun pertama pemerintahan Jokowi fokus pada penguatan pondasi pembangunan. Ditahun kedua fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur, pembangunan manusia dll.
Di Bengkulu sendiri , ada pembangunan perumahan sejuta rumah dan telah dibangun 120 unit rumah, penataan jalan, masjid dll.
Kebijakan pemerataan yang berkeadilan menjadi fokus utama pemerintahan era Jokowi.
  1.   Keberpihakan kepada 40% lapisan masyarakat terbawah
  2.  BBM 1 harga, terutama masyarakat di Kalimantan dan Papua dapat menikmati harga bersama 
  3.  Peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui vokasi
  4. Revitalisasi pasar agar pedagang dapat bersaing dengan pasar modern. 
  5. Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia pintar, program pemberian makanan Tambahan untuk Anak dan ibu Hamil.
  6. Bangun serta pertumbuhan ekonomi baru diluar jawa
  7. Subsidi lebih tepat sasaran
Capaian adalah indikator utama dalam pemerintahan presiden Jokowi. Tingkat kemiskinan menurun, tingkat kesenjangan ekonomi menurun. Pembangunan Infrastruktur mulai merata.
“Satu hal lagi, Aset digital presiden. Silahkan teman-teman ikuti. Karena Pak Presiden juga sangat aktif di medsos. “ Sambil menunjuk berbagai aplikasi medsos.

Penyampaian dari Andoko menjadi menarik karena ditampilkan vidio-vidio dari sudut Intana.
 Kemudian penututran materi ditutup dengan vidio dari staf kepresidenan, Bapak Sukardi Rinakit dengan mmebagikan hadiah payung bagi peserta termuda dan tertua.
“Jangan pernah lelah mencintai Indonesia” tutur Andoko beliau mengakhiri materi.

Blogger  Untuk Indonesia
Setelah Pak Andoko selesai, giliran Mbak Mira Sahid menyampaikan materi tentang blogger.
Ketua HUT Blogger Bekasi 2012 ini memulai materinya dengan menceritakan  pengalamanya sebagai blogger pemula waktu itu. Namun, sering diundang ke pemerintahan untuk hanya sekedar makan bersama atau ngobrol santai dan menuliskan reviewnya. Hingga saat ini Mira sudah belajar lebih bijak dalam menyebarkan informasi lebih baik lagi.
“Media Internet juga sebagai pasar. Semua tipologi manusia ada disana.  Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial.” Tutur Mira 
Pemateri kedua, Mira Sahid, Blogger Berpengalaman
Setiap tahunya pengguna media sosial semakin meningkat. Dari 132 juta pengguna internet, 40% nya adalah pengguna medsos. Kita disuguhkan berbagai macam aplikasi yang membuat pengguna medsos semakin penasaran dan akhirnya mencoba untuk menggunakanya. Dalam waktu singkat Mira banyak menyampaikan manfaat blog.
Penting bagi blogger membuat blog sebagai branding diri kita.
Manfaat Blog diantaranya sebagai berikut :
  •  Hobbi / pasion . Apakah blog kita sudah menjadi pasion bagi kita?. AKan lebih mudah bagi kita membuat blog dengan apa yang paling kita sukai, misal hobi membuat artikel, cerpen, life style dan lain sebagainya.
  • Rekam jejak digital. Berapa banyak media sosial yang kita miliki saat ini?. 
  • Media Informasi. Ini menjadi penting, karena jika hanya untuk huru hara, maka pikirkanlah dengan matang. Akan lebih baik jika blog kita manfaatkan menjadi sumber informasi yang bermanfaat.
  • Personal Branding. Bijak menggunakan media sosial menjadi penting diera multimedia. Apa yang kita tulis adalah penggambaran diri kita sendiri. Maka, menulislah hal-hal yang bermanfaat dan baik. lebih dari itu untuk memperkenalkan diri kita kepada publik. Memunculkan apa yang menjadi persoal branding kita.
  • Angagement, yaitu dalam bahasa medsos nya adalah komunikasi dua arah. terjadi feedback. Artinya aktif menggunakan media saja masih kurang jika tidak ada pengunjung di akun media sosial kita. Yang terpenting dari engagement adalah etika yang baik.
  • Peluang. Sebagai seorang blogger harus aktif dan kreatif dalam menangkap peluang yang ada. Soal peluang ini sebenarnya adalah bonusnya.
Selanjutnya Mira juga membagikan tips Ide Kreatif Menulis Blog.
  • Intro . Agar pembaca atau pengunjung betah lama-lama di blog kita tentu seorang blogger harus pandai menyuguhkan pembukaan tulisan yang memukau dan menarik.
  •  Details. Ini juga tak kalah penting. Apa yang akan kita sampaikan harus secara detail agar pembaca tidak banyak tanda tanya besar dikepala mereka, kecuali jika sahabat membuat tulisan teki-teki.
  • Conslucion. Closing dengan pertanyaan juga akan menarik.
Terakhir  ketua blogger Bekasi ini menyampaikan tentang rumus dalam menulis blog.
Ada rumus THINK dari Mbak Mira  nih sebelum kita memposting sesuatu.
Isit  True (Benarkah)?
Is It hurtful (menyakitkan
Is It ilegal ( Ilegalkah)
Is It Necesarry ( Pentingkah)?
Is It Kind (santunkah)?
Dear Blogger & Netizan ( You Are what You Write). Kamu adalah apa yang kamu tuliskan.
All my friends jangan pernah berhenti mencintai Indonesia.

 














LihatTutupKomentar